Surat Untuk Kk

To :

Kk tersayang

Selamat ulang tahun yach, yang ke 11. Maaf Abi nggak nemanin Kk lagi ulang tahun. Kan Abi kerja di Balikpapan. Maaf kalau Abi kasih kadonya tidak terlalu banyak, Abi belikan Kk kado bukunya Herry Potter pertama permintaan Kk, semoga buku itu bermanfaat untuk Kk, kebetulan Herry Potternya dalam buku itu saat berulang tahun ke11 sama seperti Kk.

Kedepan Kk harus lebih rajin lagi ngajinya, sholatnya harus lima waktu jangan bolong bolong, selalu ngedoain Ummi, Abi, Ade, Kakek, Mayang, Yang Ni, Om Oi agar semua selalu sehat. Kk jangan suka malas malasan lagi harus rajin bantuin Ummi dan jagain Ade.

Abi teringat 11 tahun yang lalu, hutan di Kalimantan terbakar, Abi waktu itu lagi di pedalaman Kalimantan Timur, tepatnya di desa Long Lees, kampung orang Dayak Kenya, yang punya ke khasan bertato dan untuk wanitanya bertelinga panjang. Abi disuruh sama PT Timah tbk untuk cari batubara di daerah sana. Kalau dari Balikpapan bisa 3 atau 4 hari sampai ke sana, dan sarana tranportasi sangat sulit. Hp waktu itu tidak ada, abi hanya bawa telepon satelit untuk mengetahui perkembangan Ummi yang waktu itu ada di Bandung, memang waktu itu Ummi maunya melahirkan Kk di Bandung, supaya kalau besar di ktp Kk, akan bertuliskan kelahiran Bandung.

Malam hari perut Abi mules, Abi saat itu lagi di lokasi, camp tenda di pinggir hulu sungai Mahakam, setelah itu ada radio (orari) yang panggil panggil team Abi, yang manggilnya dari radio orari kecamatan Muara Ancalong, menginformasikan bahwa Ummi akan melahirkan. Suasana waktu itu banyak kabut asap karena hutan banyak terbakar, abi tanya sama operator ces (speed kayu panjang), bisa tidak antar Abi untuk turun ke Long Tesak ?(lebih kurang 3 jam) karena disana ada camp induk, dan ada telpon satelitnya. Ternyata operator tersebut tidak berani karena kabut asap yang tebal. Diputuskan keesokan paginya Abi berangkat.

Malam itu Abi banyak berdoa agar Ummi diberi kekuatan untuk ngelahirin Kk, Abi pasrah karena jauh dari Ummi, tetapi Abi yakin Kake, Mayang, Kake Bandi pasti nemanin Ummi, dan akan mengambil tindakan yang benar untuk Ummi saat itu. Ummi waktu itu melahirkan Kk dengan cara sesar, Alhamdulillah Ummi dan Kk selamat, waktu Kk lahir, Kk banyak minum air ketuban, pertolongan dokter agak mendebarkan cerita Ummi. Waktu itu operasi dipimpin oleh dokter Sofie, dokter kandungan yang paling banyak pasiennya waktu itu di Bandung. Mobilnya BMW warna biru serie terbaru waktu itu. Dokter anaknya ditangani sama dokter Kelly, lulusan luar yang famous juga di Bandung.

Kk lahir dalam kondisi badan agak kebiruan karena banyak minum air ketuban, suara tangisannya juga tidak ada, apgar nya rendah. Dibantu keahlian dokter Kelly dan penanganan yang benar, masa kristis Kk Alhamdulillah dalam terlewati. Kk habis lahir tidurnya di dalam tabung inkubator, dan sering disinari, hidungnya Kk diberi selang oleh dokter. Saat Abi liat Kk, Abi mau nolongin tapi Abi nggak punya kemampuan dalam mengurus bayi, dokter Kelly ahlinya. Alhamdulillah sekarang menjadi anak yang sehat dan lincah.

Oh yach, waktu itu Kk di lahirkan di rumah sakit Bromeous Bandung, di Dago. Setelah Kk lahir, Kk dibawa lari sama suster untuk ke ruang bayi karena kondisi Kk waktu itu memang harus cepat ditolong dan diambil tindakan, sampai sampai Kake Bandi ngAzanin ke telinga Kk di lift, dan ikut berlari lari, ditemani Kake. Bisa Kk bayangkan betapa kritisnya Kk waktu itu.

Esoknya, tgl 6 Maret 1998, pagi pagi sekali Abi brangkat naik perahu panjang (ces), menembus kabut asap pagi yang tebal, suasana sungai dan hutan kala itu seperti suasana di film film hutan Amazon, penuh dengan kesunyian dan suara suara binatang hutan. Abi duduk di depan perahu panjang, menggunakan topi rimba dan baju vlanel lapangan, perahu menembus riak riak hulu sungai Mahakam, tampak jernih, kalau ngebayangin ini seperti Indiana Jones keluar dari hutan.

Sesampai di Long Tesak, Abi ganti perahu, untuk lanjut lagi ke Muara Ancalong. Zarkasi, field assisten saat itu ternyata sudah membungkus satu dus daging rusa hasil berburu warga. Mau tidak mau daging rusa 1 dus kecil dibawa. Sesampainya di Muara Ancalong, Abi ganti tranportasi lagi, naik kapal sungai, kapal berangkat on time jam 3 sore, Abi sempat menunggu keberangkatan di rumah makan terapung di sana. Naik kapal sungai ini butuh kesabaran karena kecepatannya sangat memprihatinkan (lambat banget). Kalau lagi seperti itu kadang-kadang Abi punya khayalan enak juga yach kalau jadi Superman, he he D:

Sesampainya di Samarinda ke esokan harinya, tgl 7 Maret 1998 pagi, langsung mencari agen travel di Samarinda, untuk booking ticket Garuda, waktu itu ticket Abi open pp by Garuda. Setelah Garuda ok, Abi naik taxi dari Samarinda menuju bandara Sepinggan Balikpapan, lebih kurang 2,5 jam perjalanan. Akhirnya Abi terbang ke Jakarta by Garuda, dilanjut lagi dengan taxi bandara menuju Bandung.

Sebelum sampai di Bromeus, Abi merasa suasana Dago terasa aneh, karena baru paginya Abi keluar dari hutan, malamnya sudah sampai di gemerlapnya Dago. Sampai di Bromeous, Abi ke kamar Ummi dengan oleh oleh satu dus daging rusa.

Kk berbeda kamar sama Ummi waktu itu, karena Kk di ruang perawatan bayi, tidur dalam tabung inkubator, Ummi di ruang perawatan orang dewasa. Senang perasaan Abi saat itu, saat ketemu Ummi, Ummi Abi sun. Trus Abi cari cari Kk di ruang perawatan bayi, Kk tidak bisa di dekati karena dalam perawatan yang intesif, bayangkan hidungnya saja di kasih selang kecil. Ummi seminggu di rumah sakit sudah dibolehkan pulang , tetapi Kk masih harus tinggal di rumah sakit, karena belum diijinkan oleh dr Kelly. Jadi Ummi sudah di pulang, Kk masih di rumah sakit.

Kalau Kk sehabis sholat, berdoa untuk bersyukur karena Kk sekarang menjadi anak yang sehat, pintar, aktif dll. Abi cerita diatas agar Kk dapat mengetahui awal awal kelahiran Kk, dan agar Kk selalu berusaha menjadi anak soleh yang selalu mendoakan orang tua.

Selamat ulang tahun Kk, semoga panjang umur, dilapangkan rejekinya, diberi kesehatan yang baik. Pesan Abi jangan bosan bosannya mendoakan kebaikan untuk Ummi, Abi, Ade, Kake, Mayang, Yang Ni dan Om Oi.

Salam dan Sun Sayang

Abi

 

Iklan
Categories: Story, Travel Note | Tag: , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: