Kawah Putih

Penginapan di Cipanas Garut untuk tanggal 25 Dec 2013 full booking, mau tidak kami harus hijrah ke Bandung untuk melanjutkan vacation di penghujung 2013.  Sebelum balik arah ke Bandung kami lunch di Jemani, suasana cozy plus view gunung Guntur yang ok, tapi ada kurangnya yang mungkin nggak bisa gw sebut disini, secret story.   Mampir juga di outlet cokodot depan pom bensin, penuh dengan coklat anti galau maupun coklat dodol kotroversi hati, enteng jodoh, labil ekonomi dll yang berbahasa anak alay.  Di outlet ini gw coba coba nelpon hotel hotel di Bandung, siapa tau ada yang kosong.  Tanya ke Savoy ada kamar, tanya ke Horison juga ada kamar, setelah berunding dengan ibu negara di putuskan Horison, maklum karena harganya agak miring.  Tapi supaya tidak kelihatan ngiritnya, gw disini pake alasan karena mudah kesampaiannya dari pintu tol Buah Batu.  Sampai di Horison menjelang magrib, anak anak pada seneng karena kolam renangnya gede banget, olimpic standard, ditambah ada lift maklum kalau tidak ada lift serasa tidak tidur di hotel.  Nich hotel sudah cukup tua, umurnya diatas anak gw yang SMA.  Kita tidur di lantai 6, terasa usia tua nya ini hotel, terbukti saat masuk kamar, ada beberapa lampu yang tidak nyala, lampu kamar mandi pula, terpaksa teknisi room service berjibaku memperbaiki sistim kelistrikan yang ada diiringi dengan lantunan Qiroati ade yang nggak bisa di stop.

Malam pertama di Bandung, setelah mandi kita langsung ke rumah makan Padang Bu Mus di Buah Batu, tapi sebelum kesana kita mampir dulu ke Robani seputaran sana , maklum ada promosi diskon yang menggoda para ibu rumah tangga, tinggal malam itu diskon yang hingga 50%.  Tapi hasilnya bukannya beli kerudung malah senyum kecut yang ada, karena barang barangnya tinggal sisa yang tidak sesuai selera, tidak apa apa mungkin ini rejekinya tukang parkir karena kita parkirnya sebentar bayarnya full.  Dinner di bu Mus, seperti biasa yang kecil selalu melahap ayam pop, aneh kenapa tidak ada ayam rock yach?

Tgl 26 Dec, pagi sampe siang kita semua pada berenang, anak anak banyak belajar loncat dada, karena mendaratnya pake dada, belajar masuk ke kolam dengan gaya Taylor Swift, ade seperti biasa loncat bebas gaya batu.  Lunch nya di baso Akung yang harus bersabar menunggu 1 jam hidangan baso ceker tersaji.  Lanjut ke rumah Mode di Setia Budi, ampun susah parkir sehingga harus 3x putaran plus 2 batang rokok Malboro baru dapat parkirnya.  Lunch di cafe Halaman PVJ, pake ketemu cacing diantara salad sehingga tuch salad tidak diwajibkan untuk dibayar, tapi biasa cewe cewe kalau liat cacing pada histeris seperti melihat Justin Bieber’s.

Tgl 27 Dec, pagi seperti biasa langsung berenang, selesai jam 10, dan segera bergegas karena check out time dan sudah dekat dengan Jumat an.  Next target hotel belum jelas, kita coba ke Grand Pasundan dekat Imanuel pada nggak setuju.  Mobil diarahkan ke Dago dengan tujuan Patra Jasa, karena sudah masuk waktu, Jumatan dulu di Istiqomah.  Check in di hotel Patra Jasa yang cozy dan apik interiornya.  Lunch di cafe Bali dilanjut ambil laundry di Jl. Gajah dekat pasar buku Palasari.  Malamnya jalan kaki berempat ke Simpang Dago untuk makan bubur pa Zaenal, tak lupa beli cemilan pisang keju dan serabi Simpang Dago, nach seperti ini nich yang bikin gw cepat gemuk.  Lanjut naik angkot ke Gelael Super Indo Dago, untuk beli masker, karena besok rencana akan ke Kawah Putih.

Tgl 28 Dec, after breakfast kita langsung cow ke Kawah Putih dengan jalur Kopo Soreang Ciwidey, seperti dugaan macet hanya seputaran Kopo dan Soreang.  Setelah Soreang lalin lancar jaya.   Sampe di parkiran pintu masuk Kawah Putih, mobil diparkir karena diputuskan pakai mobil wisata saja ke lokasi Kawah Putih nya, biar terasa suasana gunung Patuha nya.  Cukup aneh kenapa waktu dahulu kuliah di Bandung tidak maen ketempat ini, hanya putar putar di kebun teh saja.  Kawah Putih nice looking, bau belerangnya ok punya, gw yakin banget tuch Kawah asam banget, kalau nggak percaya celupin aja jam tangan loe pasti di jamin besoknya karatan.  Penjaga selalu teriak teriak jangan lebih dari 15 menit, khawatir mabok belerang, tapi kita cuex aja karena sibuk cari posisi ber foto ria dan buat film singkat mengenai geologi Kawah Patuha, tapi di protes yang kecil karena bukan saat nya kuliah tapi saat happy vacation.  Setelah puas ber foto dengan latar belakang warna putih dan pohon kerontong, kita lanjut keatas ke lokasi view point untuk ber foto ria kembali.  Setelah puas kami turun kembali ke parkiran pintu gerbang dengan mobil wisata setempat.  Rehat sambil makan cireng dan baso di parkiran diiringi alunan lagu Taylor Swift dari mobil wisata, diakhiri dengan beli tambahan oleh oleh berupa asinan strawbery dan blackbery.

Gambar

Perjalanan di lanjut ke Situ Patenggang, biar sekalian mau lihat pesona wisata yang ada.  Kearah Situ Patenggang disajikan view perkebunan teh yang elok tenan, kita mampir di batu besar dekat lokasi pemandian air panas untuk berpose foto tugu Pancoran dengan latar belakang perkebunan teh.  Elok nian pemandangannya cu.  Sesampai di Situ Patenggang, sepertinya kurang afdol kalau tidak putari Situ itu dengan perahu.  Langsung sewa perahu, kita sewa private, jadi asyik untuk ber foto ria, tidak ada orang lain kecuali tukang perahunya saja yang sibuk mendayung dan bantu perahu lain yang kandas karena sarat muatan dan kena batugamping dibawah permukaan air Situ.  Kita sempat ber foto ria di lokasi Batu Cinta, rame di padati para foto model dadakan Situ Patenggang.  Alhamdullillah kesampaian juga liat Kawah Putih dan Situ Patenggang dengan perjalanan yang lancar tidak ada sesuatu kendala.  Patra Jasa we coming…. Dago car free day see u tommorow… Cheers…