Singapore Botanical Garden

Gate Singapore Botanical Garden

Gate Singapore Botanical Garden

Namanya juga warga Bogor yang setiap hari selalu melihat Kebun Raya, sehingga saat jalan ke Singapore akhir Desember yang lalu, tak luput Singapore Botanical Garden sebagai target untuk dikunjungi. Bermula dari halte bus di Victoria street kami naik bus yang menuju Singapore Botanical Garden. Bus melalui kawasan Orchard Road yang banyak akan mall, dipenghujung kawasan Orchad mendekati Napier Road suasana berubah menjadi asri, mirip seperti jalan Cipaganti Bandung tempo dulu, dimana pepohonan banyak di kanan kiri jalan yang sedikit menanjak.

Kami turun di halte Napier Road seberang Gleneagles Hospital, sedikit berjalan kaki lalu menyebrang jalan, akhirnya sampai kami di depan gerbang Singapore Botanical Garden. Pagar depan cukup nyeni tampilannya sehingga bagus untuk spot berfoto. Kami masuk dari gerbang Tanglin, gerbang paling selatan. Apabila menggunakan MRT, dapat turun di Botanic Gardens stasiun, lokasi dekat gerbang Bukit Timah atau gerbang paling utara.

Agak berbeda dengan Kebun Raya Bogor, kalau Singapore Botanical Garden ini masuknya gratis tidak bayar. Dibuka dari jam 5 pagi hingga 12 malam. Tempat yang tepat untuk melepaskan penat suasana kesibukan kota. Singapore Botanical Garden didirikan tahun 1859 oleh Agri-Horticultural Society, didesign oleh Lawrence Niven, dengan suasana style landscape taman di Inggris.

Berjalan didalamnya mirip sekali seperti Kebun Raya Bogor, rindang karena banyak pepohonan tinggi. Kami tidak mengeksplor seluruh area Singapore Botanical Garden di karenakan kawasan cukup luas, lebih kurang 64 hektar dengan 6 hektarnya adalah hutan asli sejak ratusan tahun. Untuk luas area masih luas Kebun Raya Bogor, yaitu seluas 87 hektar.

The Swan Lake Gazebo

The Swan Lake Gazebo

Kami hanya berjalan sampai Swan Lake atau danau angsa, sebelum danau terdapat gazebo yang terbuat dari besi tempa tahun 1850 bergaya Inggris, baru dipindahkan ke Swan Like sejak tahun 2001. Kami bersemangat untuk melihat Swan Lake, semoga banyak angsa disana. Tapi setelah sampai di Swan Lake kami hanya menemukan 1 angsa saja, minim sekali sedangkan danaunya cukup luas, sayang sekali. Selain Swan Lake terdapat 2 danau lagi, yaitu Symphony Lake dan Eco Lake.

Dalam Singapore Botanical Garden terdapat juga kebun anggrek atau National Orchid Garden, untuk memasukinya dikenakan $5 untuk dewasa dan $1 untuk lansia, kalau anak dibawah 12 tahun gratis. Buka jam 8.30 pagi hingga jam 7 malam. National Orchid Garden ini cocok untuk pencinta anggrek, karena memiliki anggrek lebih dari 1000 spesies.

Setelah puas berjalan dan berfoto di Singapore Botanical Garden, kami beranjak pulang melalui gerbang Tanglin kembali, tetapi sebelumnya kami mampir di gedung visitor service untuk ikut ke toilet. Di depan toilet terdapat kran air yang langsung dapat diminum, jadi jangan khawatir kalau tidak bawa aqua bisa sepuasnya minum disini.

Kami keluar dari gerbang Tanglin menuju halte di Napier Road depan Gleneagles hospital, dekat halte kami bertemu Uncle Ice Cream, langsung kami pesan dan makan es cream yang populer dari Singapore ini. See u Singapore Botanical Garden.

Iklan
Categories: Travel Note | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: