Laksa

Laksa gang Aut

Laksa gang Aut

Nggak tau kenapa mau nulis tentang Laksa, sebenarnya mau share tentang tambang batubara, tetapi mood nya malah ke Laksa. Jauh banget kan. Nggak apa-apa yang penting enak.

Laksa salah satu menu yang agak sulit ditemukan. Kalau lagi wisata kuliner di Bogor, trus mau makan laksa. Nich tempat-tempat nomor wahid makan laksa di Bogor.

Ini murni hasil penelitian saya selama berpuluh-puluh tahun tinggal di Bogor. Dijamin rasa laksa nya bakal terbawa tidur hingga 2 x 24 jam, aduh lebay banget kalimatnya. 😀

Tolong kalau sudah merasakannya, sebarkan ke seluruh keluarga, bahwa laksa yang saya rekomendasikan ini benar-benar kelas wahid rasanya.

Tidak usah panjang lebar, kita kupas satu-satu laksa terenak di Bogor versi ngirit traveler.

1. Laksa gang Aut, ini tukang laksanya sudah masuk ke generasi kedua, dari jaman saya kecil hingga punya anak, jualannya di gang Aut saja. Tidak pernah buka cabang. Tapi kalau ente mau ngadain acara nikahan bisa dipanggil nich tukang laksa gang Aut. Gang aut dimana? Gaul dong, gang Aut itu di seputaran Jl Suryakencana, kalau masih pusing searching saja di google map. Lokasi saungnya di persimpangan gg Aut dan jl Warung Bandrek. Depan saung ada tulisan gede, Laksa Gang Aut – Khas Bogor – Mang Wahyu – Terima Pesanan no HP 087870251399.  Dari dulu sampai sekarang masih saja jualan di saung pinggir jalan. Rasa laksa nya benar-benar top, dijamin bakal nambah. Ini benar-benar laksa khas Bogor. Makannya enak kalau pagi, seger rasanya. Isi laksa khas Bogor ini, ada bihun, toge, oncom, kemangi, telur, tahu dan ketupat. Kuah laksanya beraroma kunyit bro, serasa minum jamu gitu dech. Ditambah aroma daun kemanginya yang kuat bingit, jadi benar-benar laksa khas Bogor pisan cu.

Saran dari saya kalau mau makan laksa gang Aut, pertama parkir mobilnya di jl Suryakencana saja, seputaran soto kuning pak Yusuf, soalnya kalau parkir di Jl Warung Bandrek nya agak sempit, susah cari parkir.  Kedua jangan lupa ajak-ajak saya yach.

Laksa Pa Inin Cijeruk

Laksa Pa Inin Cijeruk

2. Laksa Pa Inin Cijeruk, laksa khas Bogor, lokasi di Palasari Cijeruk. Dari arah Pamoyanan Bogor, lokasi saung laksa nya di sebelah kanan jalan. Apabila nyasar tanya-tanya saja ke tukang ojek atau angkot, dijamin pada copy tempatnya. Kalau mau makan laksa ini harap sabar karena ngantri bro. Mau ente naik sepeda, naek mobil, jalan kaki atau naik angkot, tetap harus antri kalau mau mencicipi Laksa Pa Inin Cijeruk ini. Jualannya di saung yang biasa-biasa saja tapi rasa laksanya luar biasa. Aroma kemangi sangat kuat sekali, dapat tercium dari kejauhan, hhhmm maknyus pisan bro. Cara memanaskan kuah laksanya pun masih menggunakan kayu bakar. Untuk isi tetap sama seperti laksa khas Bogor lainnya, ada toge, bihun, tahu, telur, ketupat, oncom dan kemangi. Potong telornya agak unik, pake benang bro. Dijamin saat beli banyak yang bungkus, karena rasanya itu bro, bikin ketagihan orang banyak. Konon, sang pelopor Laksa Bogor Cijeruk ini juga alumni pedagang laksa khas Bogor seputaran gang Aut juga, kalau tidak percaya silahkan selidiki sendiri.

3. Laksa Singapore di Lemongrass, ini bukan khas Bogor, tapi laksa negeri tetangga, untuk tampilan dan citra rasanya sudah saya bahas dalam tulisan Lemongrass. Bisa bikin candu juga, saking enaknya. Restonya bergaya modern, yang dikelola secara modern pula. Ciri laksa Singapore ini berisi mie, udang, ayam dan jeruk nipis. Kalau harga sudah pasti diatas 2 laksa khas Bogor diatas, kan makannya juga di resto yang cozy, jadi wajar wajar saja dong.

Nach itu 3 Laksa nomor wahid di seantero Bogor versi ngirit traveler, silahkan coba.  Kalau butuh teman untuk menunjukan ke 3 laksa tersebut silahkan telpon ke saya, dengan imbalan 4 bungkus laksa untuk orang dirumah.

Salam, wiskul

Iklan
Categories: Culinary | Tag: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: