Saung Angklung Udjo

Loncat Indah

Loncat Indah

Dulu kuliah di Bandung, kadang di Jatinangor.  Tapi tak pernah sekalipun ke Saung Angklung Udjo.  Saat kuliah punya kebiasaan makan sekali dalam sehari, jadi untuk nonton pertunjukan sudah dapat dipastikan tidak ada biaya.  Kasian bener yah.

Tipsnya, kalau makan, siang saja.  Saat beli nasi diwarung, bilang saja “nasinya tolong ditambahkan, karena habis nebok dua rumah”.  Pasti dikasih lebih nasinya, apalagi mimiknya pasang wajah memelas.  Please dont try this in your life, kalau nggak kuat bisa kena maag atau typhus, penyakit terpopuler untuk pelajar seantero dunia.

Baru awal Mei yang lalu, saya sempatkan nonton pertujukan di Saung Angklung Udjo (SAU) bersama my lovely family.  Tiket masuk hampir sama dengan tiket masuk bioskop  XXI, kelebihannya kalau di SAU dikasih aqua atau es potong.  Tempat pertunjukkan dikelola baik dan profesional, dimana ada lokasi pertunjukan, toko cendramata dll.

Jadi teringat almarhum Bapak, kalau ngajak jalan ke Bali untuk check habitat Jalak Bali, keluarga Kehutanan kita.  Beliau suka ngajak nonton pertujukkan kesenian, seperti pertujukkan Tari Kecak dll.

SAU beralamat di jl Padasuka 118 Bandung, didirikan sejak tahun 1966, merupakan sanggar seni khas Jawa Barat.  Saat kami  ke SAU, sudah genap berusia 50 tahun.

My Love Family

My Love Family

Pertunjukan Seni Sunda ditampilkan dengan sangat baik dan profesional.  Penonton sangat antusias mengikuti semua pertunjukan dari awal hingga akhir.  Memang pertunjukan di SAU ini, lain daripada yang lain, seribu jempol untuk para seniman dan pengelola.

Sambil makan es potong, kami ikuti pertunjukan yang ditampilkan.  Mulai dari demonstrasi wayang golek, dengan pemeran utama tentu saja si Cepot.

Atraksi Helaran, biasa untuk menghibur anak yang baru disunat.  Hayo siapa yang belum disunat?  Digunakan angklung dengan nada Salendro atau Pentatonis, terdiri dari Da Mi Na Ti La Da.

Dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Topeng oleh dua orang penari wanita.

Lanjut lagi dengan pertunjukan Angklung Mini yang dimainkan oleh anak anak, lagunya juga lagu anak Nusantara.

Si Cepot Mana Yah?

Si Cepot Mana Yah?

Dilanjutkan dengan Arumba, atau Alunan Rumpun Bambu bertangga nada Diatonis atau Do Re Mi Fa So La Si Do.  Ingat ya ini Arumba bukan Zumba, Zumba tuh tarian buat ngurusin badan, jadi beda.

Lanjut lagi dengan pertunjukan Angklung Masal Nusantara.

Dilanjutkan dengan bermain Angklung Bersama, disini penonton dilibatkan,  serta dipinjamkan satu buah angklung perorang.  MC cantik menerangkan cara bermain angklung, lalu memberikan instruksi sehingga tercipta lagu yang luar biasa indah.  Walaupun belajar singkat dan dadakan, lagu Bunda Slank kami bawakan juga, hebatkan.  Jujur, saat main angklung bawakan lagu Bunda, saya sambil bernyanyi mirip Kaka Slank, peace bro.

Lanjut lagi dengan Angklung  Okestra, pertunjukan angklung yang dikombinasikan dengan alat musik modern, seperti gitar, drum dll.  Lagu lagu terbaru dibawakan secara kompak dan harmonis.  Ada lagunya Noah juga.

Mari Bermain Angklung

Mari Bermain Angklung

Pertunjukan ditutup dengan menari bersama antara artis dan penonton.  Saat itu penonton didominasi karyawan BRI dari Banjarmasin, jadi acara menari bersamanya didominasi karyawan BRI yang energik.  Kami sih hanya tepok tangan sambil manggut manggut dari kursi penonton.

Puas sudah nonton pertunjukan di SAU.  Satu lagi, kalau ke SAU jangan lupa setelah nonton pertunjukan, borong juga oleh-oleh di toko sovenirnya.   Pokoknya kalau ke Bandung bersama keluarga dan kerabat, sempatkan nonton pertunjukan di SAU, kalau bukan kita siapa lagi yang akan mempopulerkan kesenian Sunda keseantero dunia.

To be yourself by yourself.

Iklan
Categories: Travel Note | Tag: , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: