Soto Betawi H Mamat

Soto Betawi H Mamat

Soto Betawi H Mamat

Kuliner Tangerang Banten kalau di ulik asyik juga, apalagi Tangerang tetangga dekat Bogor dan Jakarta. Otomatis pergerakan warga Bogor dan Jakarta di Tangerang cukup banyak, tentunya ulasan kuliner Tangerang sangat dibutuhkan. Sebagai pengamat politik sejati, oh maaf, maksudnya pengamat kuliner sejati, tentu saja hal ini sebagai tantangan bukan rantangan. Untuk dapat segera menelanjangi semua kuliner di Tangerang secara transparan. Sehingga tidak ada dusta diantara kita. Opo iki tulisan, semakin nggak jelas. 😀

Berapa minggu lalu sudah menelanjangi habis Sop Djanda yang rasanya menggelegar hinggga ke inti bumi.  Sabtu minggu yang lalu, ada sepupu yang berduka di Serpong Tangerang, kami sekeluarga tentu saja melayat.  Jalan dari Bogor pagi, selesai melayat siang, dapat dipastikan sudah pada lapar.  Sebagai orang terganteng, tentu saja saya berinisiatif untuk mengajak makan siang.

Maaf ya kenapa saya terganteng? Karena rombongan terdiri dari keluarga yang semuanya cewe, tambah lagi ada ibu dan bule pada ikut.  Jadi hanya saya laki seorang, so pasti paling terganteng saat itu.

Sebagai detektif kuliner sejati tentu dalam memilih tempat makan, sudah melakukan studi literatur yang mendalam. Yang semua itu akan difinalkan dengan groundcheck langsung dilapangan, berupa evaluasi banyaknya kendaraan yang parkir depan tempat kuliner yang dituju. Karena dengan banyaknya yang parkir otomatis pelanggannya banyak, dengan mudah sudah dapat dipastikan kulinernya pasti memiliki cita rasa lekker.

Saat itu makan siang bersama keluarga, saya targetkan di Soto Betawi H Mamat.  Pas di depan dealer Nisan, ramai orang berlomba parkir didepan ruko Soto Betawi H Mamat.  Melihat banyaknya pengunjung reflex saya merapatkan mobil disana. Wah sepertinya enak juga nih soto satu ini.

Alamat lengkap di Ruko Boulevard Blok AA4 No. 23 Jl. Gading Serpong Boulevard, Serpong, Tangerang. Rukonya mencolok warna hijau tua 3 lantai. Saat kami datang, depan pintu masuk disambut pemain biola yang tak henti bermain biola hingga kami beranjak pulang.

Sama Yang Ni & Bule juga

Kuliner bersama ibu & bule juga

Ruko tanpa AC, sehingga membuat suasana cukup memanas, kami pilih duduk di luar ruangan agar tidak kepanasan. Saya langsung asyik ambil foto soto disana sini, kalau anak-anak langsung asyik pencet-pencet gadget, para ibu-ibu asyik mencari menu masakan.

Yang unik dari Soto Betawi H Mamat ini, ada menu Oseng, dimana antara daging dan kuah dipisah, sensasinya tentu berbeda. Menu ini dipesan Kk, yang lupa menyuapi sesendok osengnya ke detektif rasa, maksudnya ke saya babehnya.

Sekeluarga punya kebiasan unik kalau lagi makan, kita suka suap-suapan untuk sedikit mencicipi makanan yang dimakan yang lain.  Karena menunya selalu pesan berbeda beda, agar dapat mengeksplore lebih dalam kuliner yang disajikan.

Kembali ke soto betawi H Mamat, menunya simpel “Soto, Oseng, Sop Daging/Campuran/Sapi/Ayam”, silahkan diartikan sendiri. Kalau nggak ngerti juga, buruan kuliner di Soto Betawi H Mamat, biar paham maksudnya.
Kalau saya sudah pasti coba makan Soto Betawi nya, karena nama juga makan di RM Soto Betawi.  Nggak mungkinkan saya pesan Soto Padang, sudah pasti tidak ada menunya.  Soto Betawi saya pesan yang daging, maklum umur masih muda, jadi lupa sama kolestrol, hehe.

Ibu sama bule tuh kalau diajak ketempat seperti ini suka pilih daging, saya suruh soto ayam saja, sudah pada protes, suka pada bilang “Ki makan kaya ginikan nggak sehari hari, penambahan gizi sekali-kali tidak masalah”. Alhamdulillah orang tua selalu diberi kesehatan yang baik.

Kalau testimoni rasa, saya rasa tidak perlu, karena saya yakin seluruh warga Serpong sudah pada tahu, Soto Betawi H Mamat ini rasanya juara banget.  Terbukti dengan sigap kami habiskan Soto Betawi yang disajikan.  Tidak ketinggalan kami tambahkan emping agar wisata kuliner soto nya lebih terasa.  Foto pak Bondan pakar kuliner terpampang di dinding resto ini, berarti lengkap sudah penjelasan saya mengenai rasa.

Satu lagi, untuk harga, so pasti bersahabat, semangkok soto seharga Rp.30.000, sepiring nasi Rp.5.000. Nah untuk tips ngirit makan di Soto Betawi kalau lagi tongpes tidak punya uang tetapi lapar serta datang berempat, caranya pesan saja 1 soto betawi dan 4 piring nasi, jadi total bayar cukup Rp.50.000 saja, bagi empat deh jadi perorangnya cukup dengan modal Rp.12.500 saja untuk dapat mencicipi soto Betawi kelas wahid ini. 😀 hehe sadis satu mangkok dikerubitin berempat, ngirit apa pelit ya? Hehe lagi. 😀

Selamat makan Soto Betawi, dari penggiat kuliner profesional se Asia raya.

Iklan
Categories: Culinary | Tag: , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: